MASTER STIR KARAWANG
Jl.Kartini No.03 Jatirasa Karawang
(Belakang Al Jihad - By Pass / Depan Hotel Permata Ruby)
PIN BB. 21677FC2 | SMS. 085719097942 / 0857 7111 6778
Latest Updates

Teknik Dasar Mengemudi


1. Posisi:
  • Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bbergantian)
  • Posisikan sandaran dan posisi jok mobil agar nyaman 
  •  Pasang tali / sabuk pengaman

2. Menghidupkan mobil
  • Hidupkan kunci kontak mesin
  • Hidupkan AC ( Jika dalam keadaan panas, buka dulu kaca mobil agar suhu panas mobil keluar sampai terasa dingin ).
  • Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
  • Turunkan Rem Tangan
  • Angkat kopling perlahan sampai terasa mobil bergetar dan bergerak 
  • Tambah gas untuk meningkatkan kecepatan
  • Turunkan kecepatan, injak kopling habis, pindahkan ke gigi 2
  • Angkat kopling perlahan
  • Gunakan teknik ini untuk memindahkan ke gigi 3, 4, 5



3. Memundurkan mobil
  • Injak kopling habis, pindahkan ke gigi R
  • Angkat kopling perlahan. Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur. Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan
  • kopling lepas (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati)

4. Menghentikan mobil tiba-tia dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
  • Injak rem pelan-pelan sampai terasa mobil berhenti
  • Injak kopling habis
  •  Pindahkan gigi ke gigi 0
  • Angkat rem tangan

5. Menghadapi jalanan macet
  • Injak kopling habis
  • Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
  • Pindahkan gigi ke gigi 1
  • Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling setengah biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya.
  • Jika macet lama/berhenti lama, gunakan rem tangan untuk menghindari mobil mundur.

6. Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2
  • Jangan panik !
  • Injak kopling habis
  • Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
  • Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
  • Jika mobil sedah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja

7. Berhenti di tanjakan menggunakan  rem tangan
  • Pada saat berhenti, gunakan rem tangan untuk menahan mobil agar tidak mundur
  • Pada saat mau berjalan, injak kopling sampai habis
  • Masukan gigi 1
  • Angkat kopling perlahan, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan. Walaupun rem tangan belum di buka, mobil masih bisa berjalan perlahan 
  • Setelah mobil maju perlahan, buka rem tangan
  • Hindari membuka rem tangan pada saat mobil belum bergerak ( Bisa menyebabkan mobil mundur sebelum bergerak ).
  • Bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit.
  • Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem.

8. Berhenti di tanjakan menggunakan  rem kaki
  • Pada saat berhenti, gunakan rem kaki untuk menahan mobil agar tidak mundur
  • Pada saat mau berjalan, injak kopling sampai habis
  • Masukan gigi 1
  • Angkat kopling perlahan, rasakan sampai mobil bergetar.
  • Tambah gas dan buka rem
  • Hindari membuka rem  pada saat mobil belum bergerak ( Bisa menyebabkan mobil mundur sebelum bergerak ).
  • Bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit.
  • Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem.

9. Perhatian saat menyetir mobil :
  • Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban dan poros ban
  • Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak dapat merusak mekanik kopling
  • Rem kaki tidak boleh diteka terus tapi harus dengan pola angkat, injak, angkat, injak (misalnya ketika turunan) sebab dapat menyebabkan rem terbakar
  • Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2
  • Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja
  • Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat
  • Gigi 1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan
  • Gigi 4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan
  • Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus
  • Setengah kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir
  • Gigi 3 untuk jalan raya besar
  • Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit.

10. Pola belajar mengemudi yang baik :
  • Atur waktu belejar minimal sehari 1 jam maksimal 3 jam
  • Dalam seminggu diusahakan belajarminimal 2 kali maksimal 4 kali
  • Setelah selesai kursus mengemudi, usahakan minimal seminggu sekali harus membawa mobil sendiri untuk membentuk mental di jalan raya dan meningkatkan kemampuan teknik mengendarai.

Salam Sukses Berkendara Cerdas
MASTER STIR