MASTER STIR KARAWANG
Jl.Kartini No.03 Jatirasa Karawang
(Belakang Al Jihad - By Pass / Depan Hotel Permata Ruby)
PIN BB. 21677FC2 | SMS. 085719097942 / 0857 7111 6778
Latest Updates

Tanda Ban Mobil Anda Harus Segera diganti

Ban pada kendaraan merupakan salah satu bagian penting pada sistem kenyamanan dan keamanan kendaraan Anda. Fungsi ban sebagai sistem kenyamanan adalah mengurangi getaran karena kontur jalan yang dilalui.

Sedangkan fungsinya sebagai sistem keamanan karena ban merupakan komponen keselamatan, pengendalian, akselerasi, dan sebagai tumpuan cengkraman kendaraan terhadap jalan pada saat melakukan pengereman.

Ban yang sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram, sehingga sangat berbahaya apabila digunakan pada kondisi jalan basah, melakukan maneuver atau mengerem mendadak.

Sehingga penting bagi kita untuk tahu kapan waktu yang tepat harus mengganti ban kendaraan.

Berikut tanda-tanda ban kendaraan Anda sudah harus diganti:

Ban merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah kendaraan. Sama seperti sepatu, ban mobil atau motor juga bisa aus jika terlalu lama dipakai.


1. Ketebalan tapak

Setiap ban memiliki tapak dengan ketebalan tertentu. Tapak ban inilah yang bertugas mencengkram permukaan jalan.

Kalau tapaknya sudah semakin tipis, cengkraman ban bisa berkurang dan sangat berbahaya jika dipakai saat jalanan sedang dalam kondisi basah.


2. Lihat indikator TWI

Setiap ban memiliki tread wear indicator (TWI). Indikator ini biasanya terletak di tengah alur ban dan di tepiannya.

Pada tepi atau pinggiran ban biasanya indikator ini berbentuk segitiga (angka 1), sedangkan yang terdapat di tengah bisanya berbentuk tonjolan panjang atau di sebut juga sebagai wear bar (angka 2).

Tanda ini terdapat di semua jenis ban, baik itu ban motor atau mobil. Bila alur ban habis dan rata dengan indikator ini maka sudah saatnya Anda mengganti ban kendaraan Anda dengan yang baru.

Karena jika alur atau kembangan sudah habis, maka daya cengkram ban terhadap jalan pun berkurang.


3. Sisi ban luar retak

Tak semua masalah ada di alur. Ban wajib diganti jika nampak ada retakan di sisi luarnya. Tidak terlalu sulit untuk mengetahui adanya retakan karena sangat kasat mata.

Kondisi ini berbahaya karena ban sudah menunjukkan kondisi yang sudah rapuh, sehingga membuat tidak enak digunakan, khususnya untuk handling bermanuver, juga rawan dengan gejala pecahnya ban kendaraan Anda.


4. Muncul benjolan pada ban

Benjolan pada ban disebabkan adanya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang terputus.

Kondisi ini bisa ditimbulkan oleh berbagai sebab, di antaranya bisa terjadi karena tekanan angin yang sering kurang, kondisi kawat ban yang sudah mulai tua dan juga bisa disebabkan karena kondisi jalan yang sering dilalui rusak atau banyak jalan berlubang.

Jika kondisi ini terjadi pada ban kendaraan Anda, sebaiknya segera diganti. Karena kondisi ini sangat rawan ban pecah tanpa kita ketahui kapan dan di mana akan terjadi.


5. Usia ban

 

Idealnya ban tidak digunakan jika sudah berumur lebih dari 3 tahun. Tapi, darimana kita mengetahui usia ban?

Setiap ban mobil selalu diberikan tanda produksi pada samping ban, berupa pekan dan tahun produksi. Misalnya kode 0513, berarti ban di produksi pada pekan ke-5 tahun 2013.

Pada contoh ban pada gambar atas, tertera kode 1911. Ini artinya ban tersebut diproduksi pada pekan ke-19 tahun 2011.

Permukaan kompon dan karet ban yang sudah berusia lebih dari 3 tahun, biasanya sudah mulai kehilang kelenturannya sehingga mengeras dan mudah retak.

Ban yang sudah mengeras sebaiknya segera diganti karena daya cengkramnya sudah menurun dan beresiko pecah.


6. Terlalu banyak tambalan

Ban bocor tentu bisa dialami siapa saja dan kapan saja, namun satu hal yang harus Anda pahami bahwa jangan membiarkan ban kendaraan Anda terlalu banyak dengan berbagai tambalan.

Semakin banyak tambalan di ban bisa berakibat putaran roda tidak seimbang. Dan itu sangat berpengaruh ke kenyamanan dan keamanan berkendara.

7. Timbul getaran

Cara lain untuk mengetahui kondisi ban adalah jika ada getaran yang terasa saat berkendara.

Cobalah melalui jalan yang tak berlubang, dan rasakan apakah ban menghasilkan getaran yang tak biasa meskipun sudah di-balance.

Jika terasa, cobalah cek ke bengkel terdekat, karena mungkin saja ban kendaraan Anda sudah harus diganti.

[dari berbagai sumber]

 Salam Berkendara Cerdas
MASTER STIR